Wednesday, September 4, 2013

Lempar KARTU jadi SENJATA ga perlu jadi NINJA

Kita sering nonton di film-film seorang jagoan yang bertenaga dalam mampuni dapat melemparkan kartu bahkan menembus tembok, memutuskan rantai dari jarak jauh, hal ini ninja lakukan sebagai senjata rahasia dalam keadaan  kepepet....jhiah termakan film.




Tapi nanti dulu sebetulnya kita belum tau juga hasilnya, secara fisika tanpa tenaga dalam sekalipun hal ini sangat mungkin sekali terjadi asalkan semua variable terpenuhi, memiliki penguasaan tenaga dalam secara mendalam bukan satu-satunya variabel penentunyakan?


Saya ga akan menjelaskan lebih jauh dan detail mengenai bagaimana cara memegang kartu, cara melempar juga kuda-kuda pra-lemparan kartu, semua itu harus kita temukan sendiri, coba perhatiin cara orang megang pick gitar, ok kita gunakan teknik yang sama yaitu "alternate picking" ... lha ko jadi teknik gitar katanya lempar kartu and jadi ninja dadakan??? 

Hahaha...sabar, ini analogi sederhana ko, bukan suatu kebetulan saya gitaris, haha...baru tau ya?? Ga penting, hahaha...

Ternyata Carlos Santana, Martin Friedman dan beberapa gitaris ternama  lainnya ada yang memegang pick gitar terkesan tidak nyaman untuk dipandang, tapi bagi mereka pegangan seperti itu sangat nyaman, buktinya permainan mereka kita bisa uji, jadi lupakan referensi, jadilah diri sendiri, temukan gaya mu, yang penting secara ilmu fisika lemparan kamu tidak konyol, karena kita tau kalo kartu itu terbuat dari kertas sebagian ada yang terbuat dari plastik, tipis dan sangat ringan, agar dapat melesat lurus dan memiliki kekuatan gaya maksimal maka kartu tidak boleh melawan angin, maka dari itu baiknya kartu berputar, untuk mendapatkan momentum ketika mengenai objek.

Ok secara fisika kita sudah mengerti, saatnya praktek...sebelum praktek ke hal-hal yang lebih menantang uji coba dulu keakuratan lemparan kamu ke sebuah bidang datar yang agak lebar seperti sasaran yang terbuat dari gabus, ati-ati jangan muka orang jadi target awal, kamu belum lulus jadi ninja, hahaha...

Ok ini video lemparan saya bersama beberapa murid, saya tidak mengajarkan mereka cara dan tekniknya, saya hanya melempar dan mereka melihat, dan terbukti kecerdasan seorang anak bisa melakukannya tanpa menunggu lama,  jadi jangan sepelekan anak kecil yang masih polos, justru orang tua ga ada yang berhasil, ngelempar lurus pun ga bisa, malah berisik tanya-tanya....GIMANA CARANYA???